Study Komparasi Bapperda DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Jumat, 11 Agustus 2017


BPKAD Provinsi Bali menerima kunjungan kerja dari Badan Pembentukan Peratuan Daerah (BAPPERDA) DPRD Provinsi Kalimatan Timur pada hari Jumat, 11 Agustus 2017 bertempat di Ruang Rapat Praja Sabha Gedung Unit III Lantai I Kantor Gubernur Bali. Rombongan kerja terdiri dari Sekwan DPRD Prov. Kaltim dengan didampingi oleh Ketua Banperda, Wakil Banperda beserta anggota dan Staf Banperda. Rombongan diterima oleh Asisten III Setda Provinsi Bali beserta Kasubid dan  Kasubag dilingkungan BPKAD Provinsi Bali, didampingi oleh perwakilan dari Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Bappeda Litbang Provinsi Bali dan Kasubid PKB Bapenda Provinsi Bali.

Ketua Banperda DPRD Kaltim menyampaikan bahwa Prov. Kaltim sedang melaksanakan pembahasan  draft Rancangan Peraturan Daerah tentang Kepariwisataan dan Raperda tentang Susunan dan Kedudukan Keuangan, sehingga sebagai bahan pembanding Banperda untuk kunjungan ke Prov. Bali. Tujuan kunjungan Pimpinan dan Anggota DPRD Kaltim mencari masukan dan referensi pembanding berkaitan dengan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah dimaksud. Tanggapan yang diberikan dari Asisten III tentang kontribusi pariwisata terhadap Pemprov adalah pariwisata secara langsung dapat meningkatkan pendapatan dan memberikan dampak positif terhadap Prov. Bali. Selain bidang pariwisata yang dominan meningkatkan pendapatan daerah yaitu dari Pajak Kendaraan Bermotor. 



Untuk teknis penjabaran atas perda tersebut akan disesuaikan dengan Permendagri Nomor 62 Tahun 2017 tentang Pengelompokan Kemampuan Keuangan Daerah Serta Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Dana Operasional yang akan diberlakukan September 2017 (set).

Informasi